Selasa, 14 Agustus 2012


Kedua Sungai Terpanjang Dari Dunia

Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan ukuran begitu banyak; volume air yang dibawanya ke laut (sekitar 20% dari semua pembuangan air tawar ke laut), luas tanah yang mengalir ke dalamnya, dan panjangnya dan lebar. Ini adalah salah satu sungai terpanjang di dunia dan, tergantung pada siapa Anda berbicara, masih berada antara 6.259 km / 3.903 mil dan 6.712 km / 4.195 mil panjang.
Untuk abad terakhir panjang dari Amazon dan Sungai Nil telah dalam pertarungan ketat untuk judul sungai terpanjang di dunia. Panjang tepat dari dua sungai bervariasi dari waktu ke waktu dan sumber terpercaya tidak disepakati mengenai panjang mereka yang sebenarnya. Sungai Nil di Afrika dilaporkan di mana saja dari pada 5.499 km / 3.437 mil ke 6.690 km / 4.180 mil panjang. Tetapi tidak ada pertanyaan untuk yang dari dua sungai besar membawa volume lebih besar dari air - Sungai Amazon.
Pada titik terlebar Sungai Amazon bisa 11km/6.8 mil lebar selama musim kering. Wilayah yang dicakup oleh Sungai Amazon dan anak sungai ts lebih dari tiga kali lipat selama setahun. Dalam sebuah km kering rata-rata 110.000 musim persegi tanah air yang tertutup, sedangkan pada musim hujan daerah banjir di Cekungan Amazon meningkat menjadi 350.000 km persegi. Ketika dataran banjir dan Sungai Amazon Basin banjir pada musim hujan Sungai Amazon bisa sampai 40km/24.8 mil lebar. Dimana Amazon terbuka di muara sungai yang berakhir 325km/202 mil lebar!

Karena Amazon mengalir semester Utara seluruh benua Amerika Selatan (sekitar 40% daratan), termasuk semua hujan tropis lebat yang banjir hutan hujan, ia membawa sejumlah besar air. Mulut Sungai Amazon, di mana ia bertemu laut, sangat luas dan mendalam bahwa laut-pergi kapal telah navigasikan airnya dan melakukan perjalanan sejauh daratan sebagai dua pertiga jalan sampai seluruh panjang sungai.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar